Kamis, 15 Juli 2010

Bengkel Modifikasi


Bucos (Bengkel Modifikasi motor)

Mendulang Uang dari Hobi Motor
Bermodal Rp20 juta, yang dirogoh dari kocek pribadinya dan dibantu oleh teman-temannya. Anton merintis bengkel modifikasi motor mulai dari awal. Berawal dari hobi ia pun melanjutkannya ke ranah bisnis. Kuncinya adalah tekun, yakin, dan menjaga hubungan baik dengan teman dalam menjalani bisnis tersebut.

Rupanya, dari tahun ke tahun perkembangan sepeda motor mengalami kenaikan yang tinggi. Hal tersebut dapat kita lihat dari membludak-nya pengguna sepeda motor di sejumlah ruas jalan. Oleh karena itu, banyak menjamur bengkel motor. Mulai bengkel perbaikan hingga bengkel modifikasi.

Salah satu pemain yang berkecimpung di bengkel modifikasi motor adalah Anton Prasetyo atau yang akrab disapa Anton. Ketika Duit menanyakan kenapa ia memilih bisnis ini, pria bertato ini menjawab, “Saya hobi ngutak-ngatik motor. Jadi, saya buka bengkel ini sebagai hobi sekaligus bisnis.” Di bawah bendera Bucos (Brain Auto Concept and Stylling), ia merintis sendiri usaha tersebut dari awal. Di 2006, ia membuka usahanya tersebut di Jalan Raya Setu, Cilangkap, Jakarta Timur. Bermodalkan Rp20 juta, yang ia rogoh dari kocek sendiri dan dibantu teman, ia memulai usaha tersebut.

Diawal pembukaan Bucos, Anton menyiapkan beberapa persiapan. Diantaranya, menyiapkan seperangkat kunci lengkap, kompresor, dan etalase. Selain itu, ia pun dibantu dua orang karyawannya yang telah terlatih. “Mekanik sudah terlatih karena sebelumnya pernah bekerja di beberapa bengkel motor. Jadi, saya tak perlu repot lagi,” cerita Anton. Bucos menjual berbagai variasi motor, mulai velg, ban motor, shock breaker, baut, spion, dan grip. Selain itu, bengkel tersebut pun menyediakan berbagai merek oli mesin untuk motor 2 tak hingga matic. Untuk masalah pengadaan barang -barang tersebut, Anton biasanya berbelanja di pusat onderdil motor, seperti Cibubur, Otista, Kebon Jeruk, dan Ciledug. 

Selain menjual aksesoris motor, Bucos pun melayani cat body, airbrush, dan chrome. Untuk tarif yang ditawarkan untuk jasa cat body pun bervariasi. Mulai Rp700.000-Rp1,5 juta, harga tersebut tergantung tingkat kesulitan dan kualitas bahan cat. Selain itu, bengkel tersebut melayani modifikasi bentuk motor secara keseluruhan. Harga yang ditawarkan mulai Rp1,5 juta-Rp3,5 juta. “Modifikasi keselurahan motor, meliputi ganti kaki-kaki motor, cat body, chrome, dan airbrush,” papar pria kelahiran Solo ini.

Kemudian, Di awal 2009 bengkel modifikasi motor tersebut pindah lokasi di Jalan Raya Jati Kramat no 99, Bekasi. Untuk pemilihan lokasi, pria yang hobi bermain basket ini mengatakan, “Lokasi yang saya pilih, harus dipinggir jalan raya agar mudah diakses.” Selain itu, papan nama pun cukup penting agar dapat dibaca para pengguna motor yang melintasi jalan tersebut.
 
Sebagian besar langganan bengkel modifikasi motornya adalah teman-temannya, “Langganan bengkel saya adalah temen-teman yang hobi main motor juga,” papar pria yang berusia 32 tahun ini. Selain itu, beberapa pelanggannya juga banyak dari kalangan pelajar sekolah menegah atas. Promosinya pun hanya dari mulut ke mulut. Pelanggan datang dari informasi dari teman-temannya yang sebelumnya pelanggan di bengkel tersebut.

Bengkel tersebut beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 dan tutupnya pun tak tentu. “Kadang-kadang banyak teman yang nongkrong. Jadi, kami tutup sampai larut malam,” terang Alex, mekanik Bucos. Sejauh ini, Bucos beberapa kali memenangkan beberapa perlombaan motor, diantaranya kontes motor kelas bebek funky dan matic funky di ajang yang diadakan tabloid Otomotif dan pentas seni sekolah di 2009. “Salah satu promosi kami adalah dengan mengikuti banyak kontes,” papar Anton.

Setiap bulannya Bucos dapat mengantongi omset Rp5 juta-Rp10 juta. Sedangkan untuk pengeluarannya, setiap bulannya sang pemilik menggelontorkan kocek Rp1,8 jutaan di luar sewa tempat. Biaya tersebut untuk biaya satu orang karyawan dan listrik setiap bulannya. Menurut Anton, kunci menjalani bisnis ini adalah tekun, yakin, dan menjaga hubungan baik dengan teman.  

[Aswin Cahyadi]

Bucos
Jalan Raya Jati Kramat No 99
Jati Asih, Bekasi
Telp : (021) 93856823 


1 komentar:

  1. bos mu nanya punya arm blkang monosok buat blade ga...harganya berapa....

    BalasHapus